Minggu, 02 Desember 2012

Pengertian Website

Website atau situs merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data, teks, gambar, data animasi, suara, dan gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun yang bersifat dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Lalu apakah hanya sebatas itu saja pengertian website? Apakah tidaka da lagi pengertian website selain yang disebutkan?

Secara terminologi, pengertian website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Dalam sebuah website ini bisa memuat beberapa halaman sekaligus, sehingga banyak digunakan untuk pusat informasi.

Pengertian Website – Sejarah Singkat Website

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada 1991 website terhubung dengan jaringan. Tujuan dari dibuatnya website pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website waktu itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara terminologi.

Website dipubliksikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang di manapun dan kapanpun saja.

Ada 2 macam jenis Website, yakni yang website statis dan website dinamis. Pengertian Website statis, yakni website yang informasinya merupakan informasi satu arah, yakni hanya berasal dari pemilik softwarenya saja. Umumnya website ini bersifat tetap, jarang berubah, dan hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja. Contoh dari pengertian website statis ini, yaitu profil perusahaan.

Sementara itu,  pengertian website dinamis merupakan website yang mempunyai arus informasi dua arah, yakni yang berasal dari pengguna dan pemillik, sehingga pengupdate-an dapat dilakukan oleh pengguna dan juga pemilik website. Contoh dari pengertian website dinamis ini, yaitu Friendster, Multiply, Facebokk,dan sebagainya.

Pengertian website juga bisa kita pahami dari unsur-unsur yang ada dalam penyediaan sebuah website. Lalu apa saja unsur-unsur yang ada dalam penyedia sebuah website itu? Unsur-unsur yang harus ada dalam penyediaan website atau situs di antaranya sebagai berikut:

1. Nama Domain (Domain name / URL –Uniform Resource Locator)

Alamat unik di dalam dunia maya (internet) yang berguna untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini di perjualbelikan dengan sistem sewa tahunan. Dan biasanya di belakang URL ini mepunyai akhiran sesuai dengan lokasi dan kepentingan atas di buatnya website tersebut. Contohnya: .co.id

2. Rumah Tempat Website (Web Hosting)

Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database,dll yang nantinya akan ditampilkan di dalam  website tersebut.

3. Bahasa Program (Scripts Program)

Bahasa Program mrupakan bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan setiap perintah pada saat website tersebut sedang dijalankan.contoh dari bahasa program, yakni HTML, PHP, Java Script, XML, JSP, dll

4. Desain Website

Pendesainan website merupakan hal yang penting. Faktor userfriendly harus diterapkan dalam pembuatan desain sebuah website. Membuat pemakai website merasa nyaman dan mudah dalam penggunaannya membuat pemakai website akan terus mengunjunginya.

5. Program Transfer Data ke Pusat Data

FTP (File Transfer Protocol) merupakan akses yang diberikan pada saat kit memesan web hosting, FTP berguna untuk memindahkan file-file website yang ada pada komputer kita ke pusat web hosting agar dapat terakses ke seluruh dunia.

Pengertian Website – Kebudayaan dan Masyarakat Maya

Pengertian website juga bisa kita pahami dari sudut pandang kebudayaan dan masyarakat maya. Apa itu pengertian website dalam sudut pandang masyarakat maya? Salah satu ciri masyarakat adalah menciptakan kebudayaan. Dalam pengertian website dari masyarakat maya, kebudayaan yang dikembangkan adalah budaya-budaya pencitraan dan makn yang setiap saat dipertukarkan dalam ruang interaksi ismbolis dalam website.

Pengertiabn website dari sudut pandang masyarakat maya, bahwa masyarakat maya menciptakan culture universal yang dapat dijelaskan sebagaimana yang dimiliki oleh masyarakat nyata, sebagai berikut:
  • Peralatan dan perlengkapan hidup masyarakat maya dalam pengertian website adalah teknologi informasi yang umumnya dikenal dengan mesin komputer dan mesin-mesin media elektronika lain yang membantu kerja atau dibantu oleh mesin komputer.
  • Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi dalam pengertian website yang sangat menonjol dan spesifik dalam bentuk menjual jas dengan sistem ekonomi substitusi. Jadi, apabila seseorang menggunakan jaringan dari sebuah provider atau seseorang menyewa space pada pengertian website tertentu, maka dia memberi substitusi iuran sebagai jasa persewaan dalam website.
  • Sistem kemasyarakatn yang dikembangkan dalam pengertian website masyarakat maya adalah dalam bentuk sistem kelompok jaringan, baik intra maupun antarjaringan yang ada dalam masyarakat maya. Untuk itu, mereka memiliki sistem aturan yang diciptakan oleh para pemilik provider, pemilik website, pemilik produk dan jasa yang ditawarkan dan sebagainya.
  • Bahasa masyarakat maya dalam pengertian website dari sudut masyarakat maya adalah bahasa Inggris, yang digunakan berdasarkan pada konvensi dan kreativitas pengguna bahasa ini, seperti menggunakan ikon-ikon tertentu untuk penggambaran dan sebagainya.
  • Karya komunitas maya adalah bagian dari karya seni pada umumnya. Semua karya masyarakat maya menempatkan seni sebagai ukuran pencitraan dan pemaknaan. Jadi, sistem kesenian dalam masyarakat maya adalah terletak pada pencitraan dan pemaknaan terhadap karya yang ditampilkan kepada publik maya dalam website itu sendiri.
  • Sistem pengetahun dalam pengertian website masyarakat maya ini dikembangkan menggunakan proses pemberitahuan dan pembelajaran langsung secara trial and error. Umumnya para netter website atau imajinater menggunakan sistem pengetahuan secara bergulir kepada sesama anggota masyarakat maya.

Pengertian Website – Pranata, Kontrol Sosial, Stratifikasi Sosial Masyarakat Maya

Pengertian website dari sudut pranata dan kontrol sosial masyarakat maya memiliki sistem pranata dan kontrol sosial yang dibangun bersama atau dbangun sebagai sistem proteksi diri. Selain etika umum dalam masyarakat nyata yang dibawa ke dalam kehidupan maya, sistem pranata dan kontrol sosial dibangun agar semua kebutuhan dalam masyarakat maya dapat terlayani dengan baik.

Beberapa pranata dan kontrol sosial dalam pengertian website yang lazim dalam masyarakat maya dikenal, seperti login, password yang digunakan sebagai tiket atau kata salam untuk masuk ke dalam website tertentu. Pranata lain yang ada dalam masyarakat maya dalam pengertian website, bahwa semua informasi yang ada dalam dunia maya menjadi milik publik yang dapat diakses oleh semua orang.

Hukum-hukum sosial yang ada dalam masyarakat nyata juga menjadi bagian dalam pranata sosial dalam pengertian website masyarakat maya. Contohnya, mencuri informasi, menipu, melakukan pelecehan gender, merusak, menyerang orang lain dan sebagainya, menjadi pranata yang juga di pandang buruk dalam komunitas maya.

Dalam pengertian website masyarakat maya mengenal stratifikasi sosial berdasarkan pada besaran jaringan yang dimilikinya. Jadi, dasar pembentukan stratifiksi masyarakat maya ditentukan pada seberapa besar kepemilikan jaringan dan informasi yang dapat diakses darinya. Seperti http//, www, adalah pemilik stratifikasi tertinggi dalam masyarakat maya.
Pengertian website dari stratifikasi sosial masyarakat maya yang ke dua dalam masyarakat maya dikenal seperti .com, .net, .org, .or, .gov, .id, dan sebagainya. Kelompok domain dalam webste ini unggul pada luasan space yang dimiliknya, sehingga space itu dapat dijual kepda anggota masyarakat maya lain yang membutuhkannya.

Pengertian website dari stratifikasi sosial masyarakat maya yang ketiga dikenal seperti yahoo, hotmail, mailcity, amazon, usa, google, dan sebagainya. Mereka ini menguasai akses informasi yang amat beragam dan sangat banyak memiliki koneksi dengan beragam situs yang digemari oleh masyarakat maya, serta memiliki kecepatan akses yang menakjubkan.

Dalam masyarakat maya, stratifikasi sosial tidak secara otomatis berpengaruh terhadap pembentukan kelas-kelas sosial dalam pengertian website. Karena bisa jadi, stratifikasi sosial paling bawah menjadi citra dari kelas sosial paling atas dalam masyarakat maya. Seperti, http:// dan www, adalah kelompok-kelompok dengan stratifikasi sosial tertinggi, namun di masyarakat luas, stratifikasi sosial ketiga seperti yahoo, hotmail, mailcity dan semacamnya itu adalah anggota kelas sosial tertinggi karena begitu populer di masyarakatnya.

Itulah beberapa pengertian website yang bisa kita pahami dari beberapa sudut pandang, mulai dari sejarah singkat website, jenis-jenis website, sampai pada sisi masyarakat maya dalam dunia internet. Dengan begitu kita jadi tahu bagaimana website itu berfungsi.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Website, semoga bermanfaat.

Wassalam

(Sumber: anneahira.com)

0 komentar:

Poskan Komentar